Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Esai Bahasa Indonesia: Urgensi Kurikulum Gres Di Kurun Persaingan Global

Urgensi Kurikulum Baru di Era Persaingan Global

Oleh: M. Haulul Azkiyaa

Urgensi Kurikulum Baru di Era Persaingan Global Esai Bahasa Indonesia: Urgensi Kurikulum Baru di Era Persaingan Global

Siapa yang tidak mau sukses? Tentu semuanya ingin berhasil mirip orang-orang diluar sana. Saat ini orang-orang juga berlomba menggapai pendidikan tinggi agar mampu mendapatkan pekerjaan yang layak dengan honor besar. Hal ini terjadi pasti sebab mereka ingin berhasil terutama finansial. Namun, kemajuan teknologi yang begitu cepat di kala digital ini menciptakan persaingan sumber daya manusia juga semakin ketat. Tidak sedikit orang yang mendapat gelar pendidikan tinggi tetapi kesudahannya tetap saja menganggur dan jauh dari kata sukses.

Berbicara wacana pendidikan, pada umumnya orang menilai pendidikan tinggi itu tidak penting. Mereka bilang keberhasilan tidak ditentukan dari tingginya pendidikan mereka. Tentu saja tidak ada yang mampu membantah hal ini, karena faktanya tak sedikit orang dengan title sarjana namun mereka menganggur. Jika faktanya mirip itu, maka yang harus diubah apalagi dahulu yaitu mindset-nya. Bagaimanapun pendidikan ialah jalan sukses yang harus dilalui untuk menghadapi persaingan global di masa mendatang.

Sekali lagi, memang benar banyak orang bertitel sarjana menganggur. Namun, kita mesti jernih melihat titik permasalahannya. Perlu dikenali ternyata banyak orang bertitel sarjana menganggur alasannya skill-nya tidak sesuai dengan keperluan industri ketika ini. Kemudian pada umumnya dari mereka juga belum memiliki kompetensi yang tepat tolok ukur dikala ini, sehingga mereka tergeser oleh SDM lain yang lebih unggul yang diperlukan industri.

Jika permasalahannya seperti ini, maka kembali lagi pada pemerintah sebagaipembuat regulasi. Pemerintah harus mengamati kualitas pendidikan ketika ini dengan lebih intensif. Hal ini mesti menjadi prioritas pemerintah jikalau ingin kedepannya bangsa Indonesia mampu berkompetisi dengan SDM global. Maka diperlukan kurikulum gres yang tepat dengan patokan global dikala ini, jangan hingga mengulangi kesalahan yang serupa mirip dahulu, dimana mata pelajaran TIK dihapus pada kurikulum 2013 yang kemudian ketika covid-19 muncul, SDM kita belum siap dengan hadirnya era digital dimana semua hal dilakukan secara daring dengan menggunakan teknologi. Bahkan hadirnya covid-19 ini juga membuat banyak pengangguran lagi, alasannya industri mulai beralih ke penggunaan teknologi yang notabene SDM kita belum siap dengan hal itu.

Oleh karena itu perhatian pemerintah sungguh dibutuhkan, alasannya adalah dengan adanya upaya yang dijalankan pemerintah ketika ini dalam meperbaiki mutu pendidikan akan memiliki efek besar kedepannya. Hadirnya kurikulum 2022 yang baru yang digagas pemerintah saat ini mesti kita kawal. Bagaimanapun ini yaitu upaya yang baik dari pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Harapannya upaya ini mampu terealisasi dengan baik sehingga kedepannya sekolah-perguruan tinggi di Indonesia bisa mencetak generasi gres yang bisa berkompetisi dengan SDM global.


Sumber https://www.ulya.my.id/

Posting Komentar untuk "Esai Bahasa Indonesia: Urgensi Kurikulum Gres Di Kurun Persaingan Global"