window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-BZ6WM03YKY'); Gaji Guru Kurang? Ini Kiat Efisiensi Uang Bulanannya - webazril
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Guru Kurang? Ini Kiat Efisiensi Uang Bulanannya

gaji guru yang didapatkan dinilai tidak sebanding dengan peran-peran yang mereka emban. Permasalahan ini sudah lama menjadi polemik yang berkepanjangan di Indonesia.

Hal tersebut sangat dicicipi oleh para guru honorer. Pengabdian selama belasan tahun dinilai belum cukup untuk menerima tolok ukur gaji yang pantas dan kepastian status kerja.

Namun, selaku pendekar di bidang pendidikan yang sangat mencintai pekerjaan tersebut, mereka memilih untuk tetap bertahan. Seperti masalah tenaga pengajar honorer di Bone, Sulawesi Selatan setahun yang lalu. Kasus Hervina selaku guru honorer yang telah mengabdi selama hampir 16 tahun membuka tabir wacana nasib guru honorer yang bergumuldengan honor minim tanpa kepastian kerja dan dukungan kerja yang lemah.

Tips Mengelola Gaji Guru biar Lebih Efisien

Sudah bukan belakang layar lazim lagi kalau nasib guru honorer terkait kemakmuran hidup memang jauh dari kata cukup. Penghasilan guru honorer rata-rata yakni Rp 150.000 sampai Rp 300.000

Bayangkan, bagaimana kehidupan mereka dengan gaji yang sebesar itu. Berikut yakni beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan honor yang minim.

1. Fokus pada Kebutuhan bukan Keinginan

Belajar mengontrol dan mengelola keuangan ada baiknya semenjak dini. Hal ini selaku persiapan bila kita mengalami dilema hidup seperti ini.

Pengelolaan keuangan mesti dilaksanakan secara cermat. Mulailah belajar membedakan antara kebutuhan dengan impian.

Anda bisa mulai menyusun daftar keperluan yang mutlak mesti dipenuhi apalagi dahulu. Alokasikan dana sesuai anggaran yang Anda susun setiap kali mendapat gaji. Ingat, kesampingkan ego dan cita-cita Anda apalagi dahulu.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Gaji guru yang minim terasa berat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Solusi menanggulangi problem ini yakni secepatnya beranjak mencari penghasilan pelengkap.

Anda bisa mencoba membuka belajar khusus, bisnis online, menjadi dropship, bahkan driver ojol. Kesampingkan gengsi dan camkan bahwa ada sederet kebutuhan sedang menunggu Anda yang harus terpenuhi.

3. Hindari Hutang

Solusi menanggulangi gaji guru yang kecil adalah sebisa mungkin menghindari hutang. Apalagi hutang-hutang dengan beban bunga yang nantinya akan memberatkan Anda, mirip berhutang pada lintah darat.

Namun, jika memang harus meminjam, carilah perlindungan yang tidak melampaui penghasilan. Rumus amannya adalah 30% dari penghasilan. Anda juga bisa meminjam untuk mengalokasikannya sebagai dukungan produktif, misal untuk modal usaha.

4. Menekan Pengeluaran

Sebisa mungkin Anda harus menekan pengeluaran. Menekan disini bukan memiliki arti tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk memenuhi kebutuhan. Namun, lebih mengarah pada efisiensi penggunaan uang tersebut.

Misalnya membeli barang yang murah, Anda mampu memanfaatkan promo-promo menarik yang disediakan di toko-toko. Atau bercocok tanam sendiri untuk memenuhi kebutuhan sayuran setiap harinya. Bisa juga dengan mengendarai sepeda selaku kendaraan pengganti sepeda motor.

5. Atur Gaya Hidup Sesuai Gaji

Jalani gaya hidup sesuai honor guru yang Anda peroleh. Buatlah gaya hidup yang unik namun mampu dipenuhi dengan penghasilan yang Anda miliki.

6. Terapkan Formula 40-30-20-10

Pengalokasian dana dengan formula tersebut mencakup 40% untuk biaya hidup sehari-hari, 30% membayar cicilan tergolong cicilan sekolah anak atau hutang, 20% untuk menabung, dan 10% untuk berinfak.

Tidak ada sedekah yang menciptakan orang jatuh miskin. Kaprikornus, di tengah-tengah hidup yang serba kekurangan, tetaplah memegang prinsip berbagi.

Lihat juga : Besar atau Kecil Gaji Tidak Menjamin Kebahagiaan, Ini Tips Agar Gaji Jadi Berkah

Bersedekah ialah taktik jitu sebagai upaya mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Jika kita selalu mengingatNya, yakinlah setiap persoalan niscaya ada jalan keluarnya.

Guru juga pantas untuk hidup makmur. Berbekal keikhlasan seorang hero pendidikan, supaya Pemerintah lebih memperhatikan honor guru honorer dan kepastian status kerja kedepannya.

Sumber https://www.sekolahdasar.net/

Posting Komentar untuk "Gaji Guru Kurang? Ini Kiat Efisiensi Uang Bulanannya"