window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-BZ6WM03YKY'); 8 Fakta mie instan kurang baikbagi kesehatan tubuh. - webazril
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta mie instan kurang baikbagi kesehatan tubuh.



mie-instan-doktersehat

Webazril.com– Hampir seluruh rakyat indonesia bahkan dunia sangat gemar mengkonsumsi yang namanya mie instan. Jadi tidak heran jika produsen makanan mie instan ini sangat banyak diindonesia, berbagai jenis mie instan ada diindonesia.

Mie instan sendiri sangat lah mudah ubtuk dikonsumsi bahkan dapat mengenyangkan. Namun dibalik keinstanan produk makanan ini sangat banyak bahaya yang kurang baik bagi kesehatan kita jika kita mengkonsumsi secara berlebihan dan secara rutin.

A. Beberapa alasan yang membuat mie instan tidak baik bagi kesehatan

Dibalik rasanya yang nikmat dan cara pengolahanya sangat mudah , namun mie instan ini juga ada dampak negatifnya jika terlalu sering dikonsumsi.

Berikut ini adalah alasannya 

1. Sangat sulit dicerna tubuh.

Taukah anda jika kita mengkonsumsi mie instan, mie tersebut tidak dapat langsung dicerna oleh sistem pencernaan kita. Butuh waktu cukup lama untuk dapat memproses mie instan dalam sistem pencernaan kita. Hal ini dapat terjadi karena tubuh akan secara otomatis memisahkan zat pengawet pada makanan tersebut baru dapat mengolahnya menjadi nutrisi bagi tubuh.

Jika kita sering mengonsumsinya dalam jangka yang cukup  panjang, maka hal ini akan menyebabkan tubuh sering terpapar bahan kimia berbahaya berupa hidrokasinol dan t-butil hidrokuardon.

Bahan ini tergolong dalam bahan pengawet yang bisa menyebabkan datangnya gangguan pencernaan dan diare. Bahkan, lebih parahnya hal ini bisa saja memicu kekacauan produksi insulin dan kadar gula darah.

  1. Dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah riset membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki hobi mengonsumsi mie instan secara rutin diusia anak anak hingga dewasa  ternyata memiliki risiko lebih besar untuk mengalami masalah sindrom metabolik. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung,Kanker usus,asam lambung, diabetes, dan stroke yang berpotensi memicu kematian dini.

  1. Kandungan garam yang sangat tinggi

Rasa enak dan nikmat pada mie instan ini karena tingginya kadar garam pada mie instan, selain itu mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya sangat beresiko terkena sersngan darah tinggi, bahkan serangan jantung.

Selain itu, kebiasaan kia  mengonsumsi garam dalam jumlah banyak juga telah terbukti dapat  memicu peningkatan risiko terkena kematian dini akibat masalah pada jantung,usus, pembuluh darah, dan ginjal.

  1. Dapat meningkatkan risiko obesitas

Memgkonsumsi mie instan berlebih  sangat beresiko meningkatkan berat badan secara signifikan, masih ingat kah kita pada arya bocah yang gemar mengkonsumsi mie instan hingga 8 bungkus sekali makan yang mengakibatkan berat badanya mencapai seratus kilogram lebih diusia nya yang masih sangat dini

Hal ini Dapat terjadi karena tubuh akan  lebih cepat kembali merasa lapar dan akhirnya membuat kita ingin makan atau ngemil lagi.

Jika kita tidak dapatmencegah  keinginan untuk makan lagi ini, maka akan membuat asupan kalori menjadi berlebihan. Dampaknya tentu akan memicu peningkatan berat badan (obesitas)

  1. Bisa membahayakan hati

Kandungan bahan kimia yang ada di dalam mie instan ternyata bisa memicu kerusakan pada hati. Jika hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan akan memicu datangnya penyakit hati hingga menurunkan fungsinya untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

  1. Dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal

Kandungan garam yang tinggi pada mie instan bukan saja dapat meningkatkan tekanan darah ringgi namun juga dapat mengakibatkan penumpukan zat purin dalam ginjal yang bisa memicu terjadinya batu ginjal.

  1. Bisa merusak otak

Bahan kimia yang terdapat di dalam mie instan ternyata bisa menyebabkan dampak yang  buruk bagi otak kita. khususnya berupa kerusakan sel-sel dan jaringanyang ada di dalamnya. Hal ini bisa saja membuat fungsi kognitif, daya ingat, dan berbagai fungsi otak lainnya mengalami penurunan kinerjanya.


8. Meningkatkan produksi asam lambung

 Sobat keseringan dalam mengkonsumsi mie instan ternyata sangat memberatkan lambung untuk berkerja mengolahnya, maka lambung membutuhkan zat asam amino yang tinggi untuk dapat mencerna makanan tersebut. Jika lambung terlalu sering mengeluarkan zat asam lambung yang tinggi maka lama kelamaan katup klep asam lambubg akan kendor dan beresiko menjadi penyakit tukak lambung.


Sobat 8 fakta konsumsi mie instan secara berlebihan sangat buruk untuk kesehatan tubuh kita dimasa mendatang.


Artikel ini dibuat bukan berarti untuk menjatuhkan mie instan namun mengkonsumsinya hanya saja perlu dibatasi.
Semoga hal ini dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "8 Fakta mie instan kurang baikbagi kesehatan tubuh."