Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara meracik daun daun kelor menjadi obat

Daun kelor yang tumbuh subur diindonesia maupun didaerah yang beriklim tropis ini sangat banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun kelor memiliki banyak kandungan yang sangat dibutuhkan tubuh baik dalam menjaga kesehatan maupun proses penyembuhan dari berbagai penyakit.

Kandungan yang ada didalam daun kelor meliputi vitamin C , asam klorogenat,Zat anti virus, polifenol, quercetin, beta-karoten, antioksidan, dan anti imflamasi. Yang sangat baik untuk pengobatan berbagai penyakit kronis.

Daun kelor tumbuhan sejuta manfaat. Tumbuhan yang herbal alami ini ternyata asalnya dari india lo. Dinegara asalnya sejak lama daun kelor sudah menjadi obat ramuan yang  banyak digunakan para ahli kesehatan. Untuk mengobati berbagai macam penyakit luar maupun dalam.

Berikut manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh manusia berdasarkan jenis jenis keluhan kesehatanya.

1. Menurunkan berat badan

2. Menghilangkan flek hitam

3. Meningkatkan kesehatan mata

4. Memperlancar air asi

5. Mencegah penyakit kanker

6. Mencegah penyakit ginjal

7. Mengobati reumatik.

8. Memperlambat penuaan dini

9. Memelihara kesehatan jantung

10. Menurunkan gula darah (diabetes )

11. Memperlancar proses pencernaan

12. Mengurangi segala peradangan

13. Melindungi dari bakteri

14. Menyehatkan mata

15. Menurunkan tekanan darah tinggi

16. Mengatasi stres

17. Meningkatkan kinerja otak

18. Menurunkan kadar kolesterol

19. Mencegah anemia

20. Menjaga kesehatan hati.

Ada beberapa cara meracik daun kelor menjadi asupan yang bermanfaat bagi tubuh kita.

1. Teh daun kelor

Anda dapat membuat teh daun kelor sebagai minuman yang menyehatkan tubuh ya. Langkah pertama ambil daun kelor secukupnya namun jangan yang terlalu tua ya, kemudian cuci bersih daun tersebut hingga kotoran yang menempel pada daun kelor hilang. Lalu sediakan nampan (tempat) untuk proses pengeringan daun kelor tersebut, namun dalam langkah mengeringkan jangan terkena sinar matahari langdung ya, karena dapat mengurangi kandungan baik pada daun tersebut.

Setelah daun sudah mengering anda dapat menjadikanya bubuk teh kelor. Untuk mengkonsumsinya sama halnya seperti anda menyeduh teh pada umumnya, namun ada baiknya buat yang doyan manis dianjurkan buat pemanis dari madu. setelah  Selesai membuat teh anda dapat menyimpan teh daun kelor sisanya disuhu yang dingin.

2. Kapsul daun kelor


Bagi anda yang kurang hobby ngeteh anda dapat meracik daun kelor tersebut menjadi kapsul herbal alami yang sangat bermanfaat, cara pengeringan daun kelor untuk kapsul ini sama halnya seperti cara membuat teh nya. Hanya saja daun yang akan dipilih cukup yang masih muda dan sangat baik. Lalu ditumbuk sehingga halus agar dapat dijadikan bubuk yang bisa diisi kedalam kapsul yang berbahan madu.

3. Air Rebusan daun kelor

Untuk cara lebih gampang dan praktis anda dapat langsung merebus beberapa daun kelor, dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan sisakan menjadi 1 gelas siap minum. Konsumsi sebelum makan pagi dan mau tidur malam hari, air rebusan ini dapat dikonsumsi saat anda dalam proses penyembuhan penyakit anda.

Sobat webazril.com begitu banyak manfaat daun kelor buat kesehatan kita. Diluar negri sendiri olahan obat obatan daun sangatlah sudah berkembang dengan pesat banyak perusahaan farmasi yang mengembangkan obat herbal alami dari bahan daun kelor.

Diindonesia sendiri daun kelor sebagian sudah dapat ditemukan ekstrak daun kelor diapotik dan toko obat. Dan ada juga yang masih menggunakan secara tradisional. 

Semoga saja dengan adanya artikel ini dapat menyadarkan banyak masyarakat bahwa daun kelor merupakan tumbuhan yang sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kesehatan kita. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "20 manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara meracik daun daun kelor menjadi obat"